Sabtu, 10 Maret 2018

Beginilah Cara Mengatasi Jahitan Yang Menggumpal

Dalam proses belajar menjahit pakaian tentunya Anda akan menemui banyak rintangan dan tantangan. Ada beberpa masalah yang harus Anda hadapi yang bersangkutan dengan jahit menjahit. Masalah tersebut bisa datang dari diri Anda sendi atau bisa juga dari luar seperti masalah bahan, masalah mesin dan masih banyak kendala lainnya. Untuk Anda yang baru pertama kali menjahi mungkin Anda pernah mengalami jahitan yang menggulung? yang menjadi pertanyaan adalah apa penyebannya? dan bagai mana cara mengatasinya?

 

Postingan kali ini admin akan membagikan tips cara mengatasinya khusus untuk Anda yang pemula atau baru belajar dan mengenal mesin jahit, Pada awal-awal belajar dan pada saat baru pertama memegang mesin jahit, bisa memasukan benang jahit dengan benar saja sudah menimbulkan perasaan bangga, dan yang menjadi tujuan utama adalah bagaimana bisa menjahit secara lurus atau tidak belok. Dan belum mengetahui cara-cara membetulkan mesin tersebut jika terjadi kerusakan.

Jika pada saat sedang menjahit, tiba-tiba saja jahitan menggumpal di bagian bawahnya. maka hal ini tentu saja akan membuat bingung sekaligus was-was jangan-jangan mesin jahitnya rusak. Dan karena masih baru mengenal mesin jahit maka biasanya tidak berani mengutak-atik mesin tersebut di karenakan takut menjadi lebih rusak.

Namun sebenarnya jahitan menggumpal di bagian bawah ini penyebabnya adalah sepele, yaitu benang jahit yang tidak benar-benar masuk ke tension (congcot) pengatur ketegangan benang. Mungkin juga sudah masuk di tengah sela-sela piringan tension, namun di karenakan terlalu kendur, maka mengakibatkan jahitan menggumpal.


Solusi dari permasalahan ini adalah kita tinggal membetulkan posisi benang jahit tersebut agar tepat masuk dan terjepit ke dalam sela-sela piringan tension, dan juga atur ketegangan dari tension tersebut agar pas, tidak terlalu kencang dan juga tidak terlalu kendur agar menghasilkan jahitan yang bagus di bagian atas maupun bawahnya.maka biasanya hasil jahitan akan kembali menjadi bagus

Selain dari jahitan menggumpal di bagian bawah nya, ada juga jahitan yang bagian bawahnya bagus namun bagian atasnya terlihat kencang, walaupun sudah memutar tension mesin ke posisi lebih kendur namun jahitan tetap saja kencang di bagian atas. coba perhatikan gambar di bawah ini

Hal ini penyebabnya adalah karena ada nya benang jahit yang menyangkut di sela-sela besi penjepit sekoci mesin jahit, solusi dari permasalahan ini adalah dengan mencolek nya menggunakan jarum pentul sehingga benang sisa yang tersangkut bisa di keluarkan, dan setelah bersih maka biasanya jahitan kembali menjadi bagus. tidak di sarankan membuka baut kecil di bagian sekoci, karena sangat kecil jadi bisa saja hilang

Bagaimana mudah bukan? Sekarang jika timbul masalah serupa, maka Anda pasti bisa memperbaiki nya sendiri, dan tidak perlu pergi ke tukang servis. Oh iya hampir lupa, cara yang saya jabarkan di atas bisa di gunakan untuk semua jenis mesin jahit baik yang kecil maupun yang besar dan juga mesin portable, karena bagian mesin jahit adalah sama semuanya.


Konveksi Kemeja Online

Penawran untuk Anda yang  sedang mencari penjahit baju/ jasa jahit yang murah ijinkanl kami membantu anda merekomendasikan salah satu penjahit kemeja online. Adalah Caliandra Vieri yang akan menjahitkan model yang sesuai dengan kebutuhan anda, dengan mengutamakan kualitas jahitan insha Allah anda akan puas dengan hasil jahitan meraka. 

Info Order Dan Pemesanan: 081221900036

Related Posts

Beginilah Cara Mengatasi Jahitan Yang Menggumpal
4/ 5
Oleh