Rabu, 14 Maret 2018

Gunung Papandayan Gunung Populer Di Garut

Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kab. Garut tepatnya di Kecamatan Cisurupan.  Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.


Pada komplek kawah terdapat lubang-lubang magma yang besar maupun kecil, dari lubang-lubang tersebut keluar asap/uap air hingga menimbulkan berbagai macam suara yang unik. Secara keseluruhan kawasan ini memiliki panorama alam yang indah dengan lingkungan yang relatif masih utuh dan alami yang ditunjang dengan kesejukan udara. Kegiatan Wisata Alam yang dapat dilakukan :

    Menikmati keindahan dan keunikan alam
    Lintas alam
    Berkemah
    Memotret
    Mandi air yang mengandung belerang, untuk pengobatan penyakit kulit.

Dalam catatan sejarah, Gunung api Papandayan tercatat telah beberapa kali meletus di antaranya pada 12 Augustus 1772, 11 Maret 1923, 15 Agustus 1942, dan 11 November 2002. Letusan besar yang terjadi pada tahun 1772 menghancurkan sedikitnya 40 desa dan menewaskan sekitar 2.957 orang. Daerah yang tertutup longsoran mencapai 10 km dengan lebar 5 km.

Apa yang keren disini?


selain dekat kota Garut, Gunung Papandayan memiliki trek landai. Mendaki gunung itu ajang untuk kesenangan sekaligus mengukur kemampuan diri dan jangan lupa untuk niatkan bertadabur alam, menikmati dan mensyukuri keindahan alam ciptaan Ilahi. Disini juga disediakan anak tangga bagi para pendaki gunung pemula dan anak-anak. murah, untuk masuk ke area ini, pengunjung hanya dikenakan biaya 30 ribu per orang dan mobil dikenakan 35 ribu plus 10 ribu untuk parkir dalam tidak memerlukan peralatan khusus berlebihan. Mendaki Gunung Papandayan hanya dibutuhkan alat standard. Tidak perlu tabung oksigen karena ketinggian Gunung Padandayan yang hanya pada kisaran 2,665 mdpl. Minimalnya kalian lolos posko 5 yah, disana ada saung tempat tenda fasilitas lengkap, bahkan di atas gunungpun disediakan toilet pada banyak posko, kalau kalian kecapean juga, di atas ada yang jualan bisa berisitirahat dengan nyaman track motornya menantang tapi aman

spot selfi bertebaran, syurga selfi banget lah, pesona pemandangan di sepanjang trek menuju puncak sangat indah. Di sepanjang perjalanan, begitu keluar dari lokasi parkir menuju Kawah Papandayan, dalam jarak tak lebih dari 300 meter, pendaki sudah disuguhi pemandangan jalan bebatuan bekas kawah letusan Gunung Papandayan. Seluruh kawasan kawah yang dilintasi menuju puncak Papandayan adalah kawah bekas letusan Gunung Papandayan purba.

dapat dijangkau dan didaki dalam waktu relatif singkat dan ada fasilitas di puncak Gunung. Perjalanan menuju puncak tertinggi dapat dicapai dalam 4-5 lima jam: santai. pesona khusus hutan mati dan kawah yang bertebaran, dapat 3 tempuh perjalanan bolak balik hamparan Edelweiss yang luar biasa luas. Selain hutan mati, keindahan Papandayan adalah hamparan tanaman bunga Edelweiss di Tegal Alun

Dihadiahi kolam berendam biar segar setelah mendaki. Cuma bayar 25 ribu rupiah, kalian bisa berendam di tempat yang super nyaman dengan view yang menakjubkan dekat dengan objek wisata camping seru lainnya di sekitar komplek Papandayan dan objek wisata minum kopi langsung dari kebun kopi Papandayan yang super hits

Akomodasi:
Penginapan Nangklak adalah salah satu penginapan berkonsep saung yang berlokasi di pertengahan jalan menuju Gunung Papandayan dari arah cisurupan, lokasinya strategis dan pemandangan yang bagus bisa melihat kota garut dan sekelilingnya dari tempat ini karena terletak di dataran lumayan tinggi.Dari tempat ini juga kalian bisa melihat sunrise yang bagus muncul dari balik gunung Cikuray dan sekelilingnya.

Tapi kalau kalian hanya ingin berkujung sehari kesini dan melanjutkan berwisata di daerah Garutnya, mending cari hotel di sekitar Cipanas, budgetnya beragam mulai dari 100 ribuan hingga jutaan rupiah. Yang saya rekomendasikan ada hotel Banyu Alam di Cipanas, dengan lower price (400 K), viewnya bagus, tersedia juga kolam renang dalam kamar. Sumber alam juga oke kalau kalian punya budget lebih, anak-anak pasti senang kalau kesini. Tapi kalo mau yang hotel budget, ada hotel Fave di Jalan Cimanuk.

Akses:
Kalau kalian datang dari Terminal Guntur Garut, pendaki bisa menggunakan angkutan kota berjenis minibus tujuan Pasar Cisurupan, siapkan ongkos saja 15-20 ribu. Perjalanan dari Terminal Guntur Garut ke pertigaan Pasar Cisurupan ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Kemudian, dari pertigaan Pasar Cisurupan, moda transportasi yang bisa digunakan adalah ojek motor dan juga mobil pikap.Untuk ojek motor, moda transportasi ini tersedia hingga pukul 17.00 WIB dan bertarif sekitar Rp 20.000 – Rp 25.000. Sementara, mobil pikap harus berisi 16 orang dan bertarif per orang yakni Rp 20.000. Perjalanan dari pertigaan Pasar Cisurupan sampai titik awal pendakian ditempuh sekitar 30 menit.

Kalau kalian datang dari Bandung dengan kendaraan pribadi, setelah melewati bunderan tarogong, ambil kiri, lalu kanan masuk ke jalan Otista menuju Garut kota, mengikuti jalan Cimanuk. Lurus terus hingga mencapat lampu merah simpang, lau lurus lagi (lurus terus) sampai terminal Bayongbong lalu ambil kiri. Dari sana lurus, sampai ada pertigaan dan plang menuju Papandayan. Nah sampai deh di komplek Papandayan, tinggal lurus menuju puncak.

Related Posts

Gunung Papandayan Gunung Populer Di Garut
4/ 5
Oleh